Pengertian Website dan Perbedaannya dengan Blog

Konten [Tampil]

 Hingga saat ini masih banyak mereka yang masih belum mengenal pengertiaan website. Pada zaman yang serba canggih seperti ini, sudah seharusnya kita telah paham dengan hadirnya  yang hampir setiap hari kita jumpai di mesin telusur.

Pertumbuhan dan perkembangan Internet meningkat terusmengalami perubahan peningkatan setiap tahunnya, dalam hal pengguna aktif internet. Kini bisa diakses melalui telepon pintar dan Siapa pun dapat mengakses Internet hingga desktop, hingga tablet. 

Lalu webiste adalah salah satu media atau platform yang paling mudah ditemukan dalam perambahan hingga menggunakan metode lain.  Disana Anda dapat menemukan berbagai informasi dan sarana komunikasi di dalamnya.

Ya, Singkat saja dari sini anda sudah mulai mengenal pengertian website. Website dan Blog Bukan hal berbeda, Jadi Sampai disni telan dulu deh, Setelah tuntas membaca pasti akan paham pengertian web dan perbedaannya dengan blog.

Sebagai Contoh website yang kerap seliweran di Google. Misal detik, Twitter, Facebook,tribun , CNN, Imeandroid , jalan tikus, dan lainnya. Keberadaannya memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda, Yakni tergantung pemilik, Misal e-commerce, media sosial, Web Blog Pribadi, dan Web Apps.

Dalam Pembahasan kali ini saya akan mengulasnya secara lengkap , Sehingga setelah meninggalkan halaman ini maka tidak hanya mengenal pengertian saja, tetapi anda aan mengenal asal usul, Fitur, dan cara membuat website.

Pengertian Website dan Web Blog.

Website dan Blog

Kita sepaakati terlebih dahulu bahwa Website dan Blog pada prinsipnya sama, yakni platform yang dibangun memakai bahasa pemrograman dengan tujuan memberikan informasi. Hanya saja, Seringkali yang membedakan antara blog dan website adalah isi didalamnya.

Blog relatif hanya memberikan isi informasi seputar pengetahuan , sedangkan website kerapkali bersifat lebih kepada organisasi atau perusahaan yang berbadan hukum.

Sehingga dapat disimpulkan secara sederhana bahwa website adalah kumpulan halaman pada domain yang berisi berbagai informasi untuk pengguna Internet dapat membaca dan melihatnya melalui mesin pencari maupun mengunjungi langsung dengan mengetik url. 

Informasi konten yang mungkin tersedia pada sebuah website biasanya berupa gambar, ilustrasi, video dan teks untuk berbagai keperluan.

Website memiliki struktur  Halaman Utama > Menu. Penyajian menu beragam yakni terantung pembuat sehingga saat anda memilih salah satu menu yang adaa didalamnya maka akan dimuat dalam halaman berbeda.

Misalnya Menu About, Berfungsi memberikan informasi terkait penjelasan singkat dari situs dan perusahaan tersebut.

Sedangkan Menu Lainnya  Seperti Kontak, Disklaimer, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Fungsi Website dan Manfaatnya Untuk perushaan maupun perorangan

Sejarah Singkat Terbentuknya Website

Pengertian Website dan Blog

Konon Sejarah adanya website pertama kali dimulai dari seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris, bernama Tim Berners-Lee. Dia merupakan seorang ilmuwan komputer pada era awal dunia komputasi saat itu pastinya. 

Tujuan awal dari Tim Berners membuat website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempat kerjanya saat akan mendapatkan dan saling bertukar informasi. 

Kemudian, pada tanggal 30 April 1993, secara resmi CERN yang merupakan laboratorium fisika di Swiss mengumumkan tentang perilisan website secara gratis. 

Sebelum itu pada tahun 1990 lalu, Tim Berners-Lee juga menuliskan tentang tiga teknologi dasar web yang harus ada didalamnya. Yakni Memiliki beberapa komponen sebagai penunjang untuk membangunnya seperti dibawah:

# HTML (HyperText Markup Language)

HTML Saat ini banyak dipelajari dalam pendidikan , Saat ini untuk tingkatan SMK juga telah mulai diperkenalkan dengan adanya bahsa pemrograman tersebut. Merupakan bahasa markup atau format permrograman untuk halaman web yang biasanya dipakai untuk membangun Frontend atau interface website.

Bahkan hingga saat ini html masih digunakan sebagai arsitektur web yang bisa dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain sebagai backend nya.

Baca juga: Ide Peluang usaha di Bekasi modal kecil

# Uniform Resource Identifier (URI)

Tentunya cukup asing dengan istilah ini, Merupakan Alamat unik untuk membuka situs web. 

Fungsinya untuk mengidentifikasi setiap resource yang ada di dalam web sebagai pengganti dari IP. Saat ini sering disebut atau dikenal juga dengan dengan URL (Uniform Resource Locator).

HTTP (Protokol Transfer Hiperteks)

Pernah dong membuka sebuah situs kemudian diawali dengan Http://? Ya, Teknologi ini memungkinkan untuk mendapatkan sumber daya yang ditautkan ke semua situs web.

https dan http ? Keduanya pada dasarnya adalah protokol yang sama untuk bertukar data. Namun, tingkat keamanan dan kinerja SEO yang diterapkan oleh situs HTTP dan HTTPS berbeda.

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP adalah protokol yang tugasnya mengirim data dari web server ke browser. Dengan kata lain, HTTP merupakan sebuah kontrol proses menampilkan situs web.

Namun, masalah terpenting saat penerapan HTTP  pada website yakni terkait dengan keamanan. Karena web memakai HTTP data bisa dicek oleh pihak lain saat data sedang dipertukarkan.

Bagaimana dengan HTTPS?

HTTPS adalah versi lain HTTP yang lebih aman "S" singkatan dari Safe untuk pengguna. Protokol keamanan situs HTTPS yakni teknologi yang sudah menggunakan sistem enkripsi atau enkripsi data, yang membuat peretasan lebih sulit dilakukan oleh pihak lain.

Saat ini website dianjurkan memakai HTTPS , terutama pada situs yang menyimpan data pelanggan, seperti toko online atau situs member.

Elemen Website

Setelah Anda mengetahui arti, sejarah, dan fungsi situs, masuklah ke dalam diskusi tentang unsur-unsur situs itu sendiri. Berikut adalah beberapa informasi tentang elemen-elemen yang membentuk sebuah situs web. 

#1. Domain

Mengenal domain secara singkat diklasifikasikan menjadi dua, yakni domain atas atau biasa dikenal dengan Top Level Domain (TLD). Merupakan domain utama, biasanya berbentuk namadomain[dot]extensi. Contohnya detik.com, kompas.com dan lainnya.

Sedangkan domain kedua juga dikenal dengan subdomain,atau domain turunan dari domain utama. Subdomain ini bisa kita buat sendiri setelah domain utama, Misalnya finance.detik.com , news.kompas.com dan lainnya. 

Sedangkan buat anda yang ingin mulai belajar menulis atau membuat website juga tersedia sub domain gratis memakai platform blogger maupun wordpress.

Sehingga sub domain yang akan diterima menjadi, namadomain.blogspot.com untuk pengguna Blogger sedangkan pengguna Wordpress menjadi namadomain.wordpress.com

Dalam kontek domain website dapat diibaratkan sebagai sebuah produk pengganti protokol ip server yang bisa diganti menjadi nama atau merek dengan eksetensi .com, .net, .org, dan lainnya.

#2. Hosting

Komponen kedua adalah hosting yang berperan penting dalam menyimpan semua database (penyimpanan data). Informasi basis data dapat berupa teks, gambar, ilustrasi, video, dan skrip). Penggunaan hosting ini biasa diperlukan oleh mereka yang membangun website dengan platform Wordpress atau Native programing.

Sedagkan pengguna Blogger dan Wordpress gratisan tidak memerlukan pembelian hosting, Karena sudah difasilitasi gratis.

#3. Isi Laman

Dan yang terakhir adalah isi halaman yang ada dalam sebuah web, dimana fungsi konten memiliki peranan penting dipandang dari estetika maupun keperluan Optimasi SEO.

Terang saja artikel atau konten lain didalamnya dianggap penting sekali,  Karena jika sebuah situs tersebut tidak memiliki konten, seolah-olah tidak memiliki tujuan yang jelas dalam penyajiannya (Untuk apa, Buat siapa). 

Dalam hal ini isi web bisa kita jabarkan menjadi 3, Yakni laman standar dan konten produk, dan Penunjang.

Tidak sebatas dengan pengertian web saja, Anda juga harus benar-benar paham terkait dengan karakteristinya.

Karakteristik Jenis web

Tanpa disadari pengguna internet selalu menemukan beberapa karakteristik website.

Setelah mengerti dari definisi website dan berbagai elemen yang dibutuhkan saat pembuatannya, untuk melengkapi dengan adanya pembahasan ini saya juga akan memperkenalkan jenis website.

a. Web Konsep dinamis

Kebalikannya dari konsep statis, Website dinamis adalah website yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan relevansi perusahaan dan waktu. 

Jenis Website dinamis memiliki tampilan yang lebih interaktif dan memberikan fitur komentar dan chat. Contoh situs web ini adalah blog, situs berita online, e-commerce, sistem informasi, maupun pengguaan untuk Web Perusahaan hingga contoh lainnya.

b. Situs web statis

Situs statis adalah situs yang memiliki tampilan tertentu dan tidak  mengalami banyak berubah. Seringkali, perubahan dalam bentuk desain web saja, dalam kaitannya dengan konten, bukanlah perubahan mendasar. 

Biasanya penggunaan keperluan pemilihan pembuatan web ini situs statis adalah situs yang menampilkan profil perusahaan atau organisasi. Dibangun dengan bahsa pemrograman frontend saja sudah cukup kok, toh tidak memerlukan update secara berkala.

c. Situs web interaktif

Laman Situs web interaktif adalah situs web yang sengaja dirancang untuk memungkinkan pengguna saling berinteraksi satu sama lain secara realtime. Platform Jenis situs ini biasanya dimiliki oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Hingga kebutuhan web forum.

Baca juga: Cara membuat Tablet Of Content website Blog

Fungsionalitas web 

Website memiliki banyak fitur dengan manfaat dan kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pemasaran dan bisnis hingga milik perorangan berupa web blog. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dikategorikan berdasarkan tujuan bisnis.


1. Sebagai Sarana penyebaran Informasi

Tujuan dari membuatnya yang pertama yakni bisanya sebagai media informasi. Ya hampir seluruh situs memiliki tujuan ini, memberikan informasi terbaru dan paling menarik kepada pelanggan atau klien Anda.

Pada prinsipnya kehadiran website juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, pembelajaran, tutorial, tips dan trik dan keperluan lain.

Contoh jenis web sebagai sarana informasi adalah situs berita, website company profile, maupun lainnya.

Adapun isi konten yang diterapkan didalamnya yakni dapat berupa video, teks dan gambar.


2. Bloging

Pasti sudah tidak asing dengan blog, Ketika Anda membaca maupun membuka halaman yang menampilkan halaman dengan artikel atau bahan untuk dibaca.

 Jika model situs demikian, itu biasanya dikenal dengan web blog dan aktivitas ini juga banyak dilakukan oleh para remaja sebagai publisher. 

Jadi tujuan dari situs kedua ini adalah untuk membuat sebuah catatan digital sebagai informasi berupa tutorial,catatan pribadi, info pendidikan, informasi hobi dan lain sebagainya.

Tujuan utamanya umumnya untuk mendapatkan pengunjung atau trafik secara organik dari mesin telusur. 

Selain itu blog juga dapat berfungsi sebagai media pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.


3. Situs jual beli di toko online/e-shop

Kemudian dari fungsi yang terakhir adalah sebagai media untuk memuaskan proses jual beli secara online atau sering disebut e-commerce.

Dengan menggunakan website e-commerce, Anda dapat membawa lebih banyak konsumen melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.

Saat ini sudah banyak platform web toko online, misalnya marketplace shopee, Amazon, Tokopedia, bukalapak hingga masih banyak lagi.


Cara membuat situs web

Cara Membuat Web

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang pengertian , usur website, hingga fungsinya maka saatnya untuk memulai pembahasan tentang cara membuat website cepat untuk pemula. 

Dapat golongkan menjadi beberapa tahap ketika akan membuat situs web, berikut tahapan membuat blog atau web . 

1. Memilih jenis CMS atau platform yang tepat

Ada banyak cara saat akan memiliki keniatan membuat website dengan cepat tanpa pengetahuan bahasa pemrograman.

 Dengan adanya CMS maka siapapun bisa membuat nya. CMS Adalah framework yang bisa mempermudah kalian dalam membuat web, Sistem Manajemen Konten akan membimbing secara cepat dan tepat.

Banyak jenis CMS gratis , misalnya WordPress, Blogger, wix, jomla, drupal, hingga framework lain.

 Setiap jenis CMS yang akan kalian gunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga Pastikan Anda telah memilih sesuai dengan kebutuhan proyek web anda.


2. Tentukan nama domain dan hosting yang andal

Setelah mempelajari dan memilih CMS yang akan dipakai , maka tahapan berikutnya yakni memilih nama domain dan membeli paket hosting sesuai dengan anggaran dan kebutuhan bisnis. 

Penggunaan nama domain bebas kok, selama masih tersedia maka anda bisa membelinya dan melakukan perpanjangan setiap tahun.

Gunakan extensi domain murah sepeti xyz, my.id, atau ekstensi profesional lain yang bersifat familiar seperti .net, .com, maupun lainnya.

Baca juga : Apa Itu Domain dan cara Membelinya

3. Selesaikan instalasi situs dan proses konfigurasi

Langkah ketiga setelah mempersiapkan domain dan paket hosting , lanjutkan menginstal paket CMS dan mulai membuat tampilan situs utama.

 Pada tahapan ini memerlukan pengetahuan, sebaiknya anda memakai panduan maupun mempelajari terlebih dahulu.

Apabila tidak mau repot, maka anda bisa menghubungi jasa pembuatan website terpercaya.


Keuntungan Memiliki Situs Blog atau Web

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki situs web sendiri. 

# Bangun merek pribadi

Dengan mengelola dan mengoptimalkan situs web Anda, Anda tidak membuat merek pribadi secara langsung. 

Yang terpenting, pastikan untuk memperbarui konten Anda secara teratur setiap hari untuk meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.

Menciptakan brand yang baik juga berdampak positif terhadap produk bisnis yang dikembangkan. Oleh karena itu, begitu bentuk merek pribadi Anda mulai terbentuk, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengenali dan menggunakan produk Anda.

# Memperkenalkan produk atau layanan

Keuntungan kedua dari mempunyai situs web adalah pengenalan produk atau layanan ke pelanggan maupun calon konsumen dengan jangkauan tidak terbatas.

Keberadaan situs web, dapat mengurangi biaya iklan saat melakukan promosi maupun pengenalan.

Namun hal ini Anda dituntut piawai dalam melakukan optimasi lebih fokus pada peningkatan dan pengoptimalan situs Anda melalui optimasi SEO.

# Sebagai tempat berbagi sumber informasi

Keuntungan lainnya adalah media di sekitar penyebaran informasi berupa, artikel, produk, maupun lainnya.

 Contohnya keuntungan web perorangan , siapapun bisa membaca artikel atau berita di web, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dari seluruh dunia. 

Oleh karena itu, posisi website saat ini telah menggeser penggunaan media TV dan radio yang dahulu sempat menjadi media utama.


# Dapatkan trafik web dan hasilkan uang

Keuntungan terakhir adalah situs dapat dioptimasi sedemikian rupa untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas. 

Hal ini semakin berpotensi terhadap penjualan, maupun monetisasi lain yang anda gunakan.

Kesimpulan Pengertian Website dan Perbedaan dengan Blog

Situs web adalah kumpulan halaman dalam domain yang berisi berbagai jenis informasi Internet dengan menggunakan browser dan memasukkan URL yang benar

Tujuan dari website adalah sebagai media informasi, blogging dan transaksi jual beli online. Sedangkan berdasarkan klasifikasinya dapat dibedakan menjadi tiga jenis website. Yakni web statis, dinamis dan interaktif.

Komponen situs web meliputi domain, hosting, dan konten (Artikel, gambar, video)

Website dapat dibangun memakai CMS Yang mampu mempersingkat proses pengerjaan.

Itulah pembahasan singkat terkait pengertian website dan perbedaan web dengan blog.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Website dan Perbedaannya dengan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hello!

Silahkan Tanyakan Dulu, GRATIS

CS Website Pelayanan Order Web
6283837068818
CS SEO Pelayan Order SEO
6283837068818
Call us to +6283837068818 from 0:00hs a 24:00hs
Apa yang Bisa kami Bantu
×
How can I help you?