Apa Itu Domain Sebuah Website

Konten [Tampil]

Masih menjadi hal yang sulit dijelaskan pengertian domain ketika belum membaca dan memahami pengertian apa itu domain. Kata tersebut seringkali diucap atau dibaca , namun secara pengertian sendiri terkadang masih bingung, ya ... Sekarang lah waktunya memahami semua.

Kali ini saya akan membahas terkait dengan Apa itu domain, cara kerja domain, cara mendapatkan domain dan jenis yang bisa anda dapatkan.

Dalam urusan membuat website dan Web Blog tidak akan lepas begitu saja , dapat dipastikan membutuhkan domain saat ingin live public ke internet. Langsung saja dah..

Apa itu domain Website?

Apa Itu domain

Saya akan membuat sebuah analogi Antara rumah , Peta dan dan isi didalam sebuah rumah tersebut.

Untuk mempermudah memahaminya, maka domain dapat dianggap sebagai alamat rumah. 

Dan dalam dunia internet juga sama, Domain sebagai alamat dan website bisa disebut sebagai lokasi yang menjadi tujuan atau rumah yang didalamnya terdapat berbagai isi.

Setiap pengguna dapat menemukan website ( Rumah anda) melalui mengikuti alamat secara langsung atau menemukan melalui pencarian.

Maka dalam hal ini dapat dideskripsikan secara singkatnya domain merupakan alamat yang dapat ditemukan melalui mengetik langsung di kolom url bar atau adress bar maupun search kolom.

Sampai disini pastinya sudah paham dong sedikit pengertian domain.

Pembahasan lebih luas lagi Internet adalah jaringan yang terhubung dalam perangkat publik dalam teknologi komputasi. Setiap perangkat gadget, komputer dapat terhubung antar satu dan lainnya dan mengakses berbagai file didalamnya.

Setiap perangkat mempunyai nama dalam hal ini disebut sebagai IP untuk mengidentifikasi dan membedakan antar perangkat lain. IP tersebut terdiri dari angka yang ketentuannya sudah ditetapkan sesuai dengan kelasnya.

Secara sederhana Sebuah website adalah terdiri dari file / berkas yang di host kedalam server publik memiliki IP Dan IP tersebut bisa di akses (Lihat ) oleh pengguna lain melalui jaringan.

Dan tentunya pengguna mengalami kesulitan saat akan mengunjunginya jika memakai IP. Karena untuk mengingat berbagai angka bukan hal gampang mengingat sifatnya IP sensitif.

Peranan domain yakni sebagai pengganti IP, pengguna tidak perlu mengetik IP web , cukup langsung menuliskan domain saja. https://www.contoh.com maka langsung akan membuka website.

Baca Juga: Manfaat Website Bagi Perusahaan

Prinsip domain sebagai pengganti IP.

Secara pengertian mungkin sudah kalian pahami bahwa dapat disimpulkan apa itu domain website, yang merupakan pengganti IP address situs.

Lalu, Bagaimana domain bekerja menggantikan IP?

Sebelum IP digantikan dengan domain, sebelumnya terdapat mekanisme proses pendaftaran dan pembelian domain hingga aktif. Setelah aktif dan terhubung dengan file website , maka setelah menulis nama domain dalam kolom address bar maka browser akan kirim permintaan ke DNS.

DNS adalah Domain Name server, yakni melakukan komunikasi antar satu dan lainnya mencari server nama domain terkait yang sudah ditetapkan.

Tepatnya , Name Server ini merupakan database yang berisi info tentang nama domain serta IP yang dikelola oleh penyedia Hosting tempat file situs tersebut.

Misalnya jika domain di hosting ke RUMAH WEB , Maka biasanya server yang dipakai adalah ns1.rumahweb.com ns2.rumahweb.com atau ns1.rumahweb.net dan lain sebagainya.

Dalam server web terpasang Nginx atau Space, dan setelah pemrosesan selesai maka halaman website akan ditampilkan ke browser.

Baca Juga: Jenis Algoritma Google dan Fungsinya

Apa perbedaan domain dan subdomain?

Meskipun terlihat berbeda antara sub domain dan domain utama , namun pada prinsipnya keduanya berperan sama.

Tetap! Kenyataanya antara domain dan sub domain hal berbeda yang berperan untuk masing-masing file website.

Sehingga domain adalah induk dan sub domain adalah turunannya yang bisa diperuntukan dua file web dari hosting berbeda. Misalnya ime.my.id dan sub domain menjadi seo.ime.my.id.

Apabila dilihat dari contoh di atas , maka mempunyai subdomain seo.ime.my.id, dari Top Level domain ime.my.id.

Saya kira cukup jelas penjelasan domain utama website dan Sub domainnya. Lalu tahapan selanjutnya anda juga perlu mengetahui jenis-jenis ekstensi domain.

Contoh Jenis Ekstensi domain

Memiliki versi imbuhan berbeda meskipun mempunyai fungsi yang sama. Apa itu ekstensi domain, bagaimana cara memilih jenis ekstensi yang diinginkan.

Saat akan membuat website juga tidak serta merta hanya memilih CMS maupun desain saja, melainkan anda juga bisa menentukan ekstensi Domain yang akan dipakai saat sudah live ke internet.

Berbagai jenis pilihan Ekstensi domain dapat dipakai oleh anda. Dan dalam hal ini saya tegaskan kembali bahwa sebaiknya disesuaikan dengan nice atau tujuan dari web itu sendiri.

Misalnya apabila website tersebut adalah untuk instansi sekolah, Maka ektensi domain yang tepat adalah .sch.id. Atau apabila membuat web untuk forum, Maka biasanya memakai ektensi .org ( Organisasi).

Saat ini sudah sangat banyak Ektensi Domain web yang biasa digunakan , Mulai dari .com, .net,.org, .info, .biz, .club, .my.id, .id, co.id hingga untuk pemerintaahan yakni .gov.id.

Ekstensi Domain ccTLD ( Sesuai Kode Negara).

Jenis Domain Ini merupakan domain tinggat atas dengan kode negara tertentu yang dapat disesuaikan oleh mereka yang ingin memakainya.

Jelas saat ini hampir setiap orang bisa membeli domain murah yang bisa disesuaikan dengan tempat tinggal sesuai negaranya. Misalnya, .id untuk indonesia, .us Mereka yang berada di Amerika, Atau .uk Untuk Inggris hingga ektensi domain lainnya.

Pengertian domain dan contohnya

Sehingga secara kesimpulan sederhana pengertian domain adalah nama pengganti alamat ip file webiste yang sudah dihosting supaya mudah diingat. Pembelian domain dapat dilakukan secara mudah oleh siapapun saat akan membuat website dengan memakai berbagai ekstensi. Ada 3jenis domain berdasarkan klasifikasinya, yakni Domain TLD, ccTLD , dan Sub Domain.

Contoh domain Top Level DOmain Misalnya, .com, .net, .org sedangkan contoh bentuk ccTLD contohnya .co.id, co.uk dan lain sebagainya.  Sedangkan contoh sub domain tentunya mengandung nama induk dari domain utama, Misalkan domain utamanya "infokan.com" Maka subdomainnya dapat dibuat "m.infokan.com, news.infokan.com" dan lain sebagainya.

Tips Menentukan Pembuatan Domain Website.

Memang bisa saja domain ditentukan dengan cara sembarangan, Namun dalam hal ini keberadaan domain menjadi salah satu hal penting untuk website.

Misalnya dari sisi Brand, Maupun sebagai penunjang SEO website itu sendiri seharusnya sudah ditetapkan dan terpikirkan oleh anda.

Apa saja yang seharusnya anda kerjakan ketika akan membuat domain?

  • Sebaiknya menggunkan kata yang menggambarkan sebuah brand bisnis yang sedang anda kelola, memperkuat karakter bisnis di Dunia Intrernet.
  • Tidak Menggunakan Nama domain terlalu panjang, Misalnya "Bisnishostingmurahterbaik.com", sebaiknya hindari pembuatan domain seperti itu. Maka anda bisa bisa membuat kata lain yang memiliki makna serupa , misal " besthosting.com".
  • Menghindari menyisipkan simbol, angka, jika tidak ada kaitannya dengan bisnis anda.
  • Memilih ekstensi domain yang sesuai, Misalnya jika peruntukannya adalah sebagai informasi bisnis maka sebaiknya pakai .com, .net.
  • Melindungi kepercayaan dengan cara menerapkan sertifikat SSL
  • Nama domain menarik, branding, Mudah diingat dan membeli penyedia domain terpercaya.

Cara membeli domain untuk Website

Tidak perlu Bingung , Sebenarnaya cara membeli domain itu sangat mudah sekali dan harganya relatif murah. Anda bisa memilih penyedia hosting domain murah terpercaya, banyak Sekali kok. Misalnya Rumah Web, Domainesia, Godaddy , namecheap dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membeli domain? Berikut langkahnya:

  • Cari penyedia domain terpercaya sesuai dengan keinginan anda, namun kali ini saya akan mengsimulasikan melalui rumah web.
  • Kunjungi Website Rumah Web, Setelah berada di Home page silahkan Isi nama domain yang diinginkan kemudian tunggu hasil rekomendasi dan ketersediaan.

Cara membeli domain Website

  • Silahkan ketik nama pada kolom tersedia, Lalu tap "Cari domain".

Cek Ketersediaan domain

  • Setelah melihat ketersediaan domain, Lanjutkan Klik "Daftar" >" Lanjutkan" Maka akan diarahkan untuk memilih paket Hosting. Jika tidak membutuhkan hosting maka anda bisa lewati dan mulai membuat akun atau Login.
  • Tahap selanjutnya , Setelah Invoice / Tagihan sudah terbit, silahkan lakukan pembayaran dan konfirmasi.
  • Selesai, Maka Domain anda sudah didapatkan dan siap untuk ditautkan ke laman website.

Kesimpulan:

Itulah pembahasan singkat terkait dengan Apa Itu domain, Penjelasan jenis-Jenis dan Cara membelinya. Sekarang anda sudah bisa mulai membangun situs memakai ekstensi domain yang diinginkan.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Domain Sebuah Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hello!

Silahkan Tanyakan Dulu, GRATIS

CS Website Pelayanan Order Web
6283837068818
CS SEO Pelayan Order SEO
6283837068818
Call us to +6283837068818 from 0:00hs a 24:00hs
Apa yang Bisa kami Bantu
×
How can I help you?