Optimasi Featured Snippet Hasil penelusuran Google

Konten [Tampil]

Featured Snippets  - Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas terkait dengan optimasi website agar dapat menghasilkan halaman yang lebih SEO friendly. Dilirik oleh google menjadi salah satu website yang layak menjadi halaman pertama dan berpotensi memiliki kunjungan lebih banyak.

Selain membuat artikel berkualitas ,kalian juga perlu memperhatikan beberapa teknik yang dapat menghasilkan Snippet.

Apa Itu Featured Snippet?

 Featured Snippet adalah kutipan isi dari konten yang dimunculkan dalam pencarian google. Sehingga memungkinan pengguna internet dapat melihat isi dari web tersebut tanpa harus membuka. Cuplikan unggulan akan muncul secara otomatis berdasarkan temuan mesin pencari yang biasanya berisi tabel, paragraf,Daftar, Nomor, langkah proses.

Hal ini menjadi poin tersendiri , sehingga user dapat memutuskan untuk masuk mengunjungi halaman website tersebut atau tidak.

Alasan mengunjungi apabila ?

Kutipan yang muncul mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan query penelusuran yang sudah dilakukan. Sehingga mereka akan memutuskan untuk masuk ke halaman untuk mengetahui seluruh isi dari situs.

Alasan tidak mengunjungi jika ?

Biasanya terdapat beberapa alasan mengapa tidak mengunjungi. Misalnya isi dari kutipan sudah cukup memuaskan pertanyaan mereka , sehingga tanpa masuk pun sudah mengetahui jawaban berdasarkan kutipan yang tersaji.

Alasan lainnya,.

Apabila website mempunyai loading speed terlalu lambat. Maka calon pengunjung akan pergi dan mencoba melihat isi dari situs lain yang memiliki pembahasan serupa. 

Hal itu buruk untuk web kalian ,pasalnya mesin pencari google mampu mendeteksi tinggal rasio pantulan web. Dengan adanya klik - kabur ,maka nilai bounce rate web menjadi besar dan terancam untuk digeser oleh website lain.

Sangat sayang sekali jika kalian sudah capek- capek melakukan optimasi halaman website menjadi lebih SEO (Sisi konten) namun dihancurkan oleh speed.

Dalam pembahasan SEO Cukup luas , diantaranya adalah loading speed. Mengutamakan kenyamanan pengguna supaya tidak pergi sebelum membaca atau masuk ke halaman tujuan.

Apalagi sudah mendapat Snippet pencarian ,ya sangat sayang sekali bukan hanya karena itu maka menjadi reputasi buruk.

Kalau biarkan terus ?

Google selalu berupaya memberikan hasil penelusuran terbaik , sehingga setiap website yang dianggap buruk olehnya dengan mempertimbangkan rangking faktor yang menjadi acuan, maka siap-siap deh website kalian mengalami penurunan posisi.

Sama dengan fitur Snippet , Cara mendapatkan fitur tersebut juga bukan sebuah kebetulan semata. Namun para praktisi SEO maupun blogger dapat melakukan optimasi supaya website mendapat kutipan pencarian.

Jenis Fitur Snippet Hasil Pencarian

Seperti yang telah disampaikan di atas, Google banyak melakukan snippet artikel ke dalam hasil pencarian. Ada 4 jenis utama Cuplikan Unggulan yang sering muncul dalam hasil penelusuran.

1. Kotak Definisi

teknik SEO  Artikel Snippet

Merupakan potongan kutipan teks yang disajikan untuk memberikan jawaban pengguna terkait dengan rekomendasi isi secara ringkas dalam sebuah situs yang diunggulkan.

Definisi yang dimunculkan biasanya berjumlah minimal 40 hingga 60 Kata dengan cuplikan singkat yang diambil dari halaman website atau Blog

2. Tabel

Cara membuat artikel SEO Snippet

Jenis berikutnya adalah bentuk tabel. Hasil penelusuran akan menampilkan tabel dengan batas tertentu sehingga akan terlihat dengan jelas tanpa harus klik. Misalnya sering kita lihat saat memakai query penelusuran "Spesifikasi Hp " Atau "daftar harga" maka biasanya google akan mengambil cuplikan untuk ditayangan dalam hasil telusurnya.

3. List Item

List item snippet

Salah satu artikel yang dapat berpotensi menghasilkan fitur Snipet adalah yang mempunyai konten list item tertentu. Google relatifk akan menangkap isi dari konten yang mempunyai daftar list item berurutan , misalnya artikel yang memiliki serangkaian langkah

4. Daftar Tidak Terurut

 

Snippet Daftar Tidak Terurut

Nah jenis yang ke empat adalah menampilkan daftar tidak perlu dalam urutan tertenu. Misal artikel yang artikel penelitan yang berisi perbandingan dari perbandingan terbaik hingga terburuk.

Contohnya artikel yang membahas perbandingan versi chipset terbaik, Snapdragon, mediatek, dan lain sebagainya. Dari setiap sub pembahasanya berisi juga urutan versi urutan dari masing masing SoC yang sudah dirilis.

Dan dari jenis tersebut kalian bisa melakukan optimasi setiap kontennya agar menghasilkan fitur cuplikan pencarian. Potensi tersebut dapat dibanngun ketika menulis dan membuat sebuah konten artikel berkualitas memicu snippet.

Cara mendapatkan featured snippet di Pencarian Organik Google


Selanjutnya, saatnya mengoptimalkan konten di halaman Anda sehingga Google memilih untuk menggunakan konten Anda di Featured Snippet.

Berikut beberapa langkah melakukan Optimasi Snippet agar lebih

Berikut cara mengoptimalkan konten Anda untuk 4 jenis Cuplikan Unggulan yang paling populer.

1. Membuat Definisi "SEO"

Cara yang pertama adalah dengan membuat paragraf yang berisi definisi dengan panjang sekitar 40-60 kata yang berisi tentang penjelasan singkat padat dan jelas terkait dengan query penelusuran. Misal "Apa itu SEO?" Maka kalian bisa mulai menjelaskan dengan tujuan menjadi Snippet.

Beberapa situs yang memiliki cuplikan biasanya memakai kalimat tanya atau menjelaskan sebuah definisi.

Contoh kutipan penelusuran

Dapat dilihat dari contoh diatas dalam query search "Pengertian Prisma".

Sehingga disana terlihat penjelasan terkait prisma. Terlihat kata menjawab ditandai / menggunakan "Adalah". Untuk mengaplikasikan optimasi fitur Snippet yang pertama yakni memakai kata yang mengandung jawaban.

Contoh lain :

Contoh Snippet artikel

Sehingga apabila dirumuskan menjadi : Fitur Snipet = Query kata kunci + 40 hingga 60 kata Definisi dan Menjawab.

Selain itu ada yang harus kalian ingat bahwa setiap kali memberikan definisi harus bersifat objektif. Sehingga Jagan mencantumkan opini tentang topik tersebut dari sudut pandang pribadi.

Google tidak menginginkan menampilkan definisi sebagai ungkapan perasaan pribadi , sehingga lakukan dengan benar dan objektif.

2. Mencantumkan Tabel.

Fitur Snipet Tabel : Hingga saat ini masih menjadi karakteristik tersediri yang dapat diambil cuplikan oleh mesin telusur. Google melakukan analisis data dari berbagai halaman dan menampilakannya menjadi snippet.

Artinya dalam hal ini kalian dapat mengoptimasi Featured Snippet dengan cara menghadirkan elemet html table menjadi sebuah konten. Misalnya pada artikel daftar harga hp,spesifikasi Mobil, dan lain sebagainya.

3. Daftar urut

Bentuk lain yang bisa ditemuakan pada kolom pencarian yang menghasilkan snipet artikel adalah konten yang memakai nomor urut. Google merayapi artikel dan menampilkan element yang mempunyai nilai korelatif antara judul dan sub judul sesuai dengan pembahasannya.

Strategi menulis artike SEO seperti ini menurut saya wajib dilakukan untuk kalian yang memiliki blog dengan pembahasan bersifat edukatif atau tutorial.

Misalnya,.

Judul : Cara menulis Artikel SEO mudah
Sub : 1.Menentukan Judul Membuat kerangka artikel.
Sub : 2. Membuat kerangka penulisan
Sub : 3. Menempatkan kata kunci relevan.
Sub : 4. Menambahkan gambar, dan seterusnya.

Maka dalam setiap langkah diatas memiliki pembahsan, dan sub judul dapat dibungkus dalam <h3> dan seterusnya. Sehingga mudah terdeteksi mesin pencari sebagai rangkaian proses yang layak menjadi cuplikan.

4. Meningkatkat Peringkat.

Model yang keempat menurut kami yakni kalian harus terus mengasah kemampuan menulis artikel dengan bahasa yang baik dan benar agar dapat dikenali mesin pencari.

Menempatkan setiap elemen html, mulai dari penomoran, pemakaian tabel, membungkus elemet heading,dan lain sebagainya sehingga mudah mendapat peringkat.

Kesimpulan Mengoptimasi Artikel Featured Snippet

Setealah memahami diatas kalian telah dapat mencoba membuat artikel blog dengan mengoptimasi snippet dengan cara:

Menulis artikel yang mengandung pertanyaan dan jawaban yang dikemas dengan metode diatas. Memberikan deskripsi penjelasan bukan dari sudut pandang opini.

Menarget kata kunci long tail atau biasa dikenal dengan keyword turunan.

Menempatkan paragraf jawaban dengan mencantumkan kata "Adalah", "Iyala" , "Merupakan" atau kata lain yang sering dijadikan acuan bahwa isi tersbut merupakan penjelasan dari pertanyaan yang tepat.

Membuat isi definisi berisi 40 sampai 60 kata sebagai penjelasan singkat dan mewakili jawaban dari query penelusuran.

Semoga bermanfaat tutorial optimasi featured Snippet hasil penelusuran google. SEO itu simple, tetapi kalau pusing langsung saja hubungi penyedia layanan SEO bekasi. Tentunya kami siap membantu :)

Belum ada Komentar untuk "Optimasi Featured Snippet Hasil penelusuran Google "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hello!

Silahkan Tanyakan Dulu, GRATIS

CS Website Pelayanan Order Web
6283837068818
CS SEO Pelayan Order SEO
6283837068818
Call us to +6283837068818 from 0:00hs a 24:00hs
Apa yang Bisa kami Bantu
×
How can I help you?